14 Maret 2010

Ada apa dengan Windows Vista ? bag.1

Sekitar 2 bulan yang lalu saya di ajak ke suatusekolah oleh seorang guru yang sangat baik.
Sebelumnya si emang saya uda deket banget sama guru itu sampai sekarang, mudah – mudahan aja kedekatan ini sampai akhir hayat. Amien
Ketika datang ke sekolah tersebut , saya kira di suruh ngapain ??
Eh taunya saya di beri ilmu untuk memasang Acces Point (Hotspot), alhamdullilah
Oya disini saya memasang AP buat para guru yang membawa laptop agar bisa terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel.
Langsung saja pada inti permasalahannya.
Rancanganya ada 2 lantai, servernya berada di lab atas.
Setelah melakukan pengkabelan dengan jenis straight untuk menghubungkan dari HUB/Switch ke PC dan jenis cross untuk menghubungkan antara HUB dengan HUB, Switch dengan Switch. Langkah pertama yang saya lakukan konfiguarasi Acces Point (AP) di server, untuk lebih detailnya tentang konfiguari AP klik disini.
Konfigurasi telah selasai dan tersambung ke jaringan. Klo buat laptop si ga ada malasah karna si laptop ini sudah mempunyai perangkat Wireless jadi tinggal klik startconect to – pilih jaringan mana yang akan kita hubungkan sebagai server agar bisa terhubung ke internet – Conect.
Namun ketika saya menghubungkan ke PC di lantai bawah dengan piranti kabel bukan dengan USB WiFi, kenapa menggunakan kabel, ya karna yang tersisa hanyalah kabel. Beli USB lagi mahal sedangkan PC di lantai bawah ada 5. Jika satu USB WiFi seharga 150 ribu bagaimana dengan 5 PC ?? waw lumayan kan mebuat kantong kering.
Sedangkan itu kan ada Acces Point kenapa tidak di gunakan fasilitas wirelessnya, kalau begitu percuma dong anda memasang AP. Mahal - mahal beli perangkat AP tapi tidak di gunakan ???????
Nah kan di atas sudah di terangkan, disini saya memasang AP buat para guru yang membawa laptop, laptop kan sudah di dukung wireless jadi tidak usah membeli perangkat USB WiFinya.
Kabel sudah terpasang dengan susah payah naik turun tangga, huh. Konfigurasi TCP/IP pun di lakukan, namun setelah konfigurasi TCP/IP pada semua PC, tak satu pun PC yang terhubung, hadoh.
sudah konfigurasi ini itu tetep aja tidak terhubung.
Kata temen saya si kabelnya yang rusak, terus temen saya melakukan pengkabelan lagi. Ternyata setelah kabelnya di ganti masih tetep juga tidak terhubung, terus katanya lagi HUBnya yang rusak. Kalo perkiraan saya si bukan di HUBnya, orang HUBnya baru kok. Tapi tetep aja tu orang kekeh HUBnya yang rusak, dia menukar HUBnya ke toko yang tadi membeli HUB tersebut. HUB sudah di ganti dengan yang baru, alhasil apa yang terjadi, apakah bisa terhubung atau tidak ??? Wew hasilnya sama saja tidak terhubung. Terus ada yang bilang PCnya tu yang rusak, hey PC kok di salahin. Ada yang bilang juga LAN card tu yang rusak, orang LAN cardnya nyala kok pas di pasang kabel. Masalah kabel bukan, HUB bukan, LAN card juga bukan, PC apa lagi bukan juga, terus masalahnya dimana dong ????? Ada yang bisa membantu .
Satu masalah adalah mengapa semua PC menggunakan OS Windows Vista kenapa bukan Windows XP yang lebih gampang, apa pake Linux saja gitu yang aman ?????
Setelah di selidiki ternyata windows vista tidak bisa mensharing icon WAN pada Network Conections, ada apa ??
Di windows XP kayanya ga serumit ini jika menkonfigurasi jaringan.
Ada kejanggalan ga si pada windows vista ?????
Hanya tampilannya saja yang menarik, yang membuat semua orang tergiur untuk memakainya. Saya mencoba menginstall windows vista menggunakan Virtual Machine, ternyata berat bener. Dia tu membutuhkan spect yang besar pada PC, minimal agar berjalan normal RAMnya harus 1Gb, waw. Itu nginstallnya baru lewat Virtual, apa lagi nginstall beneran ??????
Apa benar ada kejanggalan pada vista ????

Subscribe to Boegel Blog by Email


3 komentar:

  1. wew... sungguh mahal harga yang harus dibayar untuk isntaal Vista[apalagi yang original] kita harus bela2in mengupgrade spec kompie kita.... hem.... saya pake Ubuntu saja dech :)

    salam
    kangtatang

    BalasHapus
  2. saya baru menggunakan window vista shob, namun labih banyak tantang vista, mengebai kelebihan dan kekurangannya saya mensti sering 2 mampir dan baca2 disini, terimakasih infonya shob


    oy link shobat udah saya pasang pada link sahabat ku, ditunggu link backnya ya, terimakasih

    BalasHapus
  3. @ kangtatang : go open source

    BalasHapus